Bunga Melati

Melati adalah tanaman bunga hias yang berupa perdu berbatang tegak yang hidup secara menahun. Di Indonesia nama melati dikenal luas oleh masyarakat di seluruh wilayah negeri.
Pada tiap-tiap daerah di Indonesia melati dikenal dengan namanya masing-masing, di Bali dikenal dengan Menuh, di Aceh dikenal dengan Meulu cut atau Meulu Cina, di Banda dikenal dengan Menyuru, di Gayo dan Batak dikenal dengan Melur, di Manado dinamakan Manduru, di Bima dan Sumbawa disebut Mundu di Madura dikenal dengan Melete, sedangkan di Timor Leste disebut bunga Manyora. Di Italia melati casablanca (Jasmine officinalle), yang disebut Spansish Jasmine ditanam sekitar tahun tahun 1692 untuk di jadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de’ Meici. Pada tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut, kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.



Diantara 200 jenis melati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani, baru ada sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat 8 jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias. Sebagian besar jenis melati tumbuh liar di hutan-hutan karena belum diteliti potensi ekonomis dan nilai sosialnya. Tanaman melati termasuk suku melati-melatian atau famili Oleaceae.



Bunga melati sering dimanfaatkan secara umum sebagai bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetika, parfum, farmasi, rangkaian bunga hias dan karena aromanya yang wangi juga digunakan sebagai bahan campuran atau pengharum teh.

1 comment:

  1. Indonesian jasmine is freshness harum wangi bunga melati

    ReplyDelete

Labels