Menjalani Diet dengan Lima Kelompok Makanan

Dalam rangka mempertahankan tingkat energi dan untuk meningkatkan vitalitas setiap hari, tubuh membutuhkan diet seimbang, berikut lima kelompok makanan :


Makanan kaya pati: makanan bertepung mengandung karbohidrat, yang merupakan sumber energi yang penting dan dapat memberikan aliran bahan bakar bagi tubuh manusia. Beberapa contoh makanan yang mengandung zat tepung adalah; nasi, sereal gandum, kentang, pasta gandum, dan kacang-kacangan. Karbohidrat harus sepertiga dari makanan Anda sehari-hari karena mengandung serat yang memungkinkan pencernaan cepat



Buah dan Sayuran: Dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit, buah-buahan dan sayuran merupakan sumber yang paling penting dari mineral, serat dan vitamin untuk meningkatkan tingkat energi. Hal ini disarankan untuk makan lima porsi kelompok makanan ini dalam sehari.

Daging, ikan dan kacang-kacangan: Sangat penting untuk mempertahankan tingkat protein dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan sel. Sertakan daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian dalam diet di moderasi untuk memberikan tubuh dengan pasokan konstan energi
Produk susu: Meskipun sebagian besar produk susu merupakan sumber protein, makan terlalu banyak lemak dapat menyebabkan kematian untuk sistem kekebalan tubuh. Makanlah produk susu rendah lemak untuk mengurangi asupan lemak tubuh.

Lemak dan gula: Penting untuk membedakan antara lemak tak jenuh dan jenuh. Lemak dan gula adalah kelompok terbesar yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam makanan kita. Makanan seperti kue, biskuit dan keripik adalah beberapa contoh makanan yang mengandung lemak jenuh, yang akan meningkatkan kadar kolesterol. Lemak tak jenuh akan mengurangi kolesterol dan menyediakan tubuh dengan asam amino penting, beberapa contoh dari jenis fakta adalah minyak zaitun, kacang-kacangan dan minyak ikan.

Hindari makanan yang mengandung tambahan gula halus, karena makanan ini tidak mengandung nilai gizi dan akan memberikan dorongan energi palsu. Cobalah untuk memasukkan lebih banyak makanan yang memiliki gula alami di dalamnya seperti buah-buahan.

Nutrisi, Latihan dan Peningkatan Vitalitas
Meskipun gaya hidup kita yang sibuk, manfaat dari membuat upaya tambahan untuk mengubah kebiasaan makan yang buruk akan selalu lebih besar manfaatnya . Beberapa keuntungan mencakup peningkatan tingkat energi sehari-hari dan suasana hati, pencegahan penyakit, dan menjaga berat badan. Berikut adalah beberapa kegiatan tambahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesejahteraan dan kebugaran anda:

Ketika berada dalam kondisi darurat dan Anda perlu makan, usahakan dengan segala cara untuk menghindari makanan cepat saji. 
Mengurangi minuman bersoda dan alkohol. Gula halus di dalamnya akan meningkatkan kadar gula Anda tanpa menambahkan nutrisi apapun untuk tubuh Anda. 
Mendapatkan setidaknya 30 menit latihan sehari. 
Minum banyak air, setidaknya delapan gelas sehari, efektif untuk mengeluarkan racun dari sistem tubuh. 

Makan dan olahraga yang benar diperlukan usaha, tetapi sebagai manusia kita hanya dikaruniai satu tubuh, untuk itu diperlukan usaha ekstra. Jadi nikmatilah semua itu, bersenang-senang, makan dan olahraga, hidup dengan pola pikir yang sehat dan lebih bersemangat!

No comments:

Post a Comment

Labels