Manfaat Buah Pisang

Buah Pisang adalah buah yang paling populer diantara apel dan jeruk. Pisang adalah buah yang sehat, kaya akan kalium, 11 mineral lain dan 6 vitamin. Buah pisang rata-rata mengandung 467 mg potasium dan hanya 1 mg sodium, dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap aterosklerosis. Sebuah Arsip dari Internal Medicine menegaskan bahwa pisang membantu mencegah penyakit jantung. Selain manfaat kardiovaskular, kalium yang ditemukan dalam pisang juga dapat membantu untuk mendukung kesehatan tulang. Pisang adalah sepupu jauh jahe, kunyit, dan kapulaga, dan nama botaninya diklasifikasikan sebagai berry.


Jika Anda menderita diabetes, Anda harus memperhatikan dengan baik jumlah dan Jenis karbohidrat yang Anda makan. Menggunakan hormon insulin, karbohidrat bisa dipecah oleh tubuh dan diubah menjadi glukosa, yang memberi Anda energi dan sebagai bahan bakar untuk sel-sel. Penderita diabetes memiliki masalah dengan insulin dan dapat memiliki tingkat yang luar biasa tinggi glucosecirculating pada seluruh tubuh.

• MANFAAT PISANG
Pisang yang rendah kalori, namun tinggi serat, vitamin B6, vitamin C dan kalium. Serat membuat Anda kenyang dan puas. Vitamin B6 adalah pendorong mood. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kalium mengontrol tekanan darah Anda.

Pisang yang belom masak aman bagi penderita diabetes. Namun bagaimanakah dengan pisang yang telah masak?. Laporan penelitian "Diabetic Medicine" menemukan bahwa peserta dalam studi yang makan pisang masak memiliki respon glikemik cukup tinggi, yang berarti kadar gula darah meningkat, hal ini menuntut penggunaan lebih banyak insulin. Mereka yang makan pisang belum sepenuhnya matang memiliki respon glikemik yang lebih rendah. Sebaliknya, beberapa jenis pisang menghasilkan respon gula darah setinggi roti tawar. Para peneliti mengatakan hingga 90 persen dari karbohidrat dalam pisang underripe berasal dari pati, tetapi ketika matang karbohidrat sebagian besar berubah menjadi gula.
Pisang kaya akan nutrisi dan selain ini, ia memiliki fungsi mengurangi sembelit, sehingga sangat disukai oleh kebanyakan orang. Meskipun pisang sangat bermanfaat, beberapa orang dengan Penyakit Ginjal Kronis tidak diperbolehkan untuk makan terlalu banyak pisang. 
Orang yang memiliki penyakit ginjal kronis dengan nefritis kronis dan gagal ginjal yang dilarang untuk mengkonsumsi terlalu banyak pisang. Pisang juga mengandung sejumlah besar magnesium, kalium, natrium dan kalsium, terlalu banyak makan pisang akan menyebabkan disproporsionalitas dalam tubuh kita sehingga mempengaruhi kesehatan kita. Selain itu, pasien dengan Nefritis kronis dan gagal ginjal biasanya memiliki gejala pembengkakan dan tekanan darah tinggi yang memiliki hubungan erat dengan asupan sodium. Oleh karena itu, mereka harus membatasi asupan garam natrium. Namun, pisang banyak mengandung garam natrium, jadi makan terlalu banyak pisang berarti menelan terlalu banyak sodium. Untuk pasien dengan Nefritis kronis dan gagal ginjal, jika mereka makan terlalu banyak pisang, gejala pembengkakan dan tekanan darah tinggi akan diperburuk dan sehingga dapat memperburuk penyakit mereka. Pada intinya adalah orang dengan Nefritis kronis dan gagal ginjal harus menghindari makan terlalu banyak pisang.

Pisang mudah dicerna adalah pilihan yang baik untuk membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan. Tingginya tingkat kalium dalam pisang membantu untuk mengganti elektrolit yang hilang saat diare. Pisang juga kaya akan pektin, serat larut yang membantu memperlancar. Pisang juga mengandung banyak insulin dan serat larut lainnya. Insulin adalah zat prebiotik yang membantu pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan.

Orang yang tidak dianjurkan mengkonsumsi Pisang :
• Penyakit Ginjal
Para pasien penyakit ginjal harus menjalani diet kalium yang rendah, rendah garam, fosfor rendah, rendah lemak, rendah protein, dan vitamin. Besarnya angggapan bahwa pisang adalah buahbyang penuh dengan zat gizi, harum dan manis, Setiap orang dapat makan pisang tanpa tabu. Tapi pasien penyakit ginjal tidak bisa makan pisang. Pisang mengandung relatif banyak garam natrium, yang berbahaya bagi edema dan hipertensi pasien penyakit ginjal. 

• Gangguan Lambung dan penyakit USUS
Magnesium dan kalium yang terkandung dalam pisang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun, jika orang makan pisang berlebihan, asupan yang berlebihan dari magnesium dan kalium dapat meningkatkan kandungan magnesium dan kalium dalam darah. Dengan demikian, proporsi seimbang kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan unsur-unsur lain di dalam tubuh manusia dapat terganggu membahayakan kesehatan manusia. Selain itu, asupan yang berlebihan dari pisang dapat menurunkan sekresi asam lambung dan mempengaruhi fungsi lambung dan usus. Oleh karena itu, dalam mengkonsumsi pisang tidak dianjurkan terlalu berlebihan.

Mineral:
Gizi
Jumlah
DV%
Kalsium
11.3mg
1%
Besi
0.6mg
3%
Magnesium
60.8mg
15%
Fosfor
49.5mg
5%
Kalium
806mg
23%
Sodium
1.3mg
0%
Seng
0.3mg 
2%
Tembaga
0.2mg 
9%
Manggan
0.6mg
30%
Selenium
2.3mcg  
3%
Fluor
5.0mcg
~

Kalori:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Kalori
200 (837 kJ)
10%
Karbohidrat
186 (779 kJ)
~
Lemak
6.2 (26.0 kJ)
~
Protein
8.2 (34,3 kJ)
~
Alkohol
0,0 (0,0 kJ)
~

Sterol:
Nutrisi
Jumlah 
DV%
Kolesterol
0.0mg
0%
Pitosterol
36.0mg
~

Lemak & Asam Lemak:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Total Lemak
0.7g
1%
Lemak Jenuh
0.3g
1%
Lemak tak jenuh tunggal
0.1g
~
Lemak tak jenuh ganda
0.2g
~
Jumlah asam lemak trans
~
~
Jumlah asam lemak trans-monoenoic
~
~
Jumlah asam lemak trans-polyenoic
~
~
Jumlah asam lemak Omega-3
60.8mg
~
Total asam lemak Omega-6
103mg
~




Vitamin:
Gizi
Jumlah 
DV%
Vitamin A
144IU
3%
Vitamin C
19.6mg
33%
Vitamin D
~
~
Vitamin E (alphatocopherol)
0.2mg
~
Vitamin K
0.2mg
1%
Thiamin 
0.2mg
5%
Riboflavin
0.2mg
10%
Niacin
1.5mg
7%
Vitamin B6
0.8mg
41%
Folat
45.0mcg
11%
Vitamin B12
120.0mcg
0%
Asam pantotenat
0.8mg
8%
Kolin
22.0mg
~
Betaine
0.2mg
~

Karbohidrat:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Jumlah Karbohidrat
51.4g
17%
Fiber Diet
5.9g
23%
Pati
12.1g
~
Gula
27.5g
~

Protein & Asam Amino:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Protein
2.5g
5%

Lainnya:
Nutrisi
Jumlah
DV%
Alkohol
0.0g
~
Air
169g
~
Abu
1.8g
~
Kafein
0.0mg
~
Theobromine
0.0mg
~



Mentimun dan Manfaatnya untuk Kesehatan






pisang, delima, sirsak, mentimun, mangga, jeruk, nangka, pisang, delima, sirsak, mentimun, mangga, jeruk, nangka, pisang, delima, sirsak, mentimun, mangga, jeruk, nangka, pisang, delima, sirsak, mentimun, mangga, jeruk, nangka, pisang, delima, sirsak, mentimun, mangga, jeruk, nangka, 

No comments:

Post a Comment

Labels