Bunga Melati

Melati memiliki aroma dasar aroma manis dan halus tetapi dengan latar belakang animalic seperti bunga hidup. Melati memberikan aroma yang unik dan menarik. Aroma melati yang menyatu dengan budaya kita dalam bentuk spiritualitas, tradisi dan juga obat-obatan. Melati sambac memiliki aroma yang meremajakan, energik dan meningkatkan energi.
Melati adalah termasuk kelompok tanaman semak, ditanam secara komersial untuk produksi bunga dan minyak esensial. Sebagian besar bunga melati digunakan sebagai karangan bunga dalam dekoratif, untuk bunga tabur, ritual keagamaan dan sebagian kecil digunakan untuk produksi minyak wangi dan attars. Minyak melati mutlak digunakan dalam parfum bermutu tinggi



Ada beberapa jenis melati tapi yang banyak tersedia adalah Melati sambac dan Melati grandiflorum. Ini biasanya digunakan untuk aroma bunga dan juga untuk minyak esensial. Melati sambac adalah spesies melati asli Asia Tenggara dan Selatan. Bunga Melati juga merupakan salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Satu lagi adalah Melati grandiflorum, umumnya dikenal sebagai melati Perancis, melati Spanyol, melati Catalonian, Mallika Mallika dalam bahasa Sansekerta; chameli Chameli, juhi Juhi, atau Motiya Motiya dalam bahasa India.

Asal Usul Melati
Melati berasal dari Nusantara, India dan China, di mana selama berabad-abad melati telah menjadi salah satu bahan untuk minyak yang paling berharga yang digunakan dalam aromaterapi dan untuk beberapa tujuan seremonial. Melati saat ini juga sedang dibudidayakan di Spanyol, Perancis, Mesir, Aljazair, Maroko dan negara-negara lain di dunia. Minyak melati bersama dengan minyak mawar, dianggap minyak yang paling mahal dan eksotis yang digunakan untuk bahan wewangian sampai dengan hari ini.

Sejarah singkat Melati
Sejak beberapa waktu terakhir Melati telah dianggap sebagai "Raja Minyak Bunga", sedangkan Mawar dianggap "Ratu Minyak Bunga". Rupanya hal ini adalah karena Melati adalah yang paling maskulin dari semua minyak bunga yang ada. Menarik untuk dicatat bahwa dibutuhkan sekitar 8.000 bunga yang dipilih dengan teliti dan hati-hati untuk menghasilkan 1 gram (sekitar 1 ml.) melati absolute.

Habitat dan penyebaran melati
Istilah Melati mungkin berasal dari kata Persia yang berarti Yasmine "aroma", yang diadopsi dalam bahasa Arab sebagai Yasym diberikan kepada bunga melati. Jasminum grandiflorum adalah tanaman asli Kashmir, Afghanistan dan Iran. Sementara Jasminum sambac adalah tanaman asli Nusantara (Indonesia), India Selatan dan Tengah. Melati banyak ditemukan di bagian hangat dari benua Eropa, Asia, Afrika dan daerah Pasifik tetapi hampir tidak ada ditemukan di Amerika. Produksi tahunan melati lebih dari 15 ton dengan produsen terbesar adalah Mesir, diikuti oleh Maroko, India, Italia, Perancis dan China, Indonesia.

Nama Botani Melati
Jasminum sambac adalah tanaman kerdil merambat, semak lebat hijau mencapai ketinggian antara 0,5-1 m. Ini adalah spesies yang paling ideal untuk budidaya di Indonesia dan Kerala (India). Hanya beberapa varietas berkembang biak dengan biji di alam liar. Bunga-bunga mekar sepanjang tahun. Bunga Melati sangat wangi, dengan mahkota putih. Bunga-bunga terbuka di malam hari hingga pagi hari. Jasminum grandiflorum adalah tanaman merambat atau tumbuh hampir tegak atau tumbuhan semak. 

Kandungan kimia Bunga Melati
Melati kering coklat kekuningan dengan bau yang khas dari bunga melati. Perkiraan komposisi minyak bunga melati antaralain enfleurage adalah benzil asetat, ∂ - linalool, linalyl asetat, benzil alkohol, melati, indol dan metil anthranilate. Minyak Melati mutlak adalah cairan kekuningan yang jelas kental coklat memiliki bau halus bunga melati segar.

Penggunaan minyak melati
Minyak esensial melati adalah minyak alami dengan aroma bunga yang paling halus, membuatnya menjadi bahan yang penting dalam banyak produk kosmetik. Melati adalah salah satu yang tertua yang diketahui dan yang paling banyak digunakan sebagai aroma tumbuhan.
Bangsa - bangsa di Asia banyak menggunakan melati sebagai bunga putih yang cantik untuk berbagai upacara dan ritual keagamaan. Minyak melati ini merupakan salah satu yang paling umum digunakan untuk meditasi, merangsang perasaan harmoni dan optimisme, mendorong sukacita dan kebahagiaan dan lain sebagainya. Melati adalah juga merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak ditanam di Indonesia, India dan Bangladesh.
Bunga melati juga digunakan untuk sejumlah tujuan dalam Aromaterapi, untuk penenang, untuk mandi, kosmetik dan banyak lagi. Penggunaan minyak esensial melati sangat luas dan hampir tidak terbatas.

1 comment:

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete

Labels