Manfaat Buah Apel

Apa yang membuat buah Apel ini begitu istimewa? Apa manfaat kesehatan yang berhubungan dengan makan buah apel?.
Sebagai salah satu buah yang paling dibudidayakan dan dikonsumsi di dunia, apel terus dipuji sebagai suatu "keajaiban makanan".
Apel sangat kaya akan antioksidan yang penting, flavanoids, dan serat makanan. Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung. Didalam buah Apel hampit tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa apel mungkin menjadi salah satu makanan terbaik dalam menjalani diet. Berikut ini beberapa manfaat dari buah Apel yang perlu Anda ketahui:
Meningkatkan kesehatan neurologis
Apel baik untuk kesehatan saraf. Buah Apel mengandung antioksidan yang disebut "quercetin" yang mengurangi kematian sel yang disebabkan oleh oksidasi dan peradangan neuron, menurut penelitian yang dilakukan oleh G. Biro dan M. Martinoli di University of Quebec.

Mencegah kepikunan
Para peneliti di Cornell University melakukan penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, yang menemukan bukti yang menunjukkan bahwa apel dapat membantu melindungi sel-sel neuron terhadap oksidatif stres akibat neurotoksisitas, yang dapat mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Mengurangi risiko stroke
Sebuah studi yang melibatkan 9.208 pria dan wanita menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi apel selama periode 28-tahun memiliki risiko terendah untuk stroke. Para peneliti menyimpulkan hasil yang menunjukkan bahwa asupan apel adalah terkait dengan penurunan risiko stroke trombotik.

Menurunkan kolesterol jahat
Sekelompok peneliti di The Florida State University menyatakan bahwa apel benar-benar adalah "buah ajaib". Mereka menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang makan apel setiap hari memiliki 23% lebih sedikit kolesterol jahat (LDL) dan 4% kolesterol yang lebih baik (HDL) setelah hanya enam bulan mengkonsumsi apel.

Mengurangi resiko diabetes
Apel juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan 187.382 orang menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi per minggu apel, anggur, kismis, blueberry atau pir memiliki risiko 7% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Menangkal kanker payudara
Ada bukti yang berkembang menunjukkan bahwa sebuah apel sehari dapat membantu mencegah kanker payudara, menurut serangkaian studi yang dilakukan oleh peneliti terkemuka Cornell Rui Hai Liu.
Liu mengatakan penelitiannya menambah "bukti yang berkembang bahwa peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran, termasuk apel, akan memberikan konsumen dengan lebih banyak fenolat, yang terbukti memiliki manfaat kesehatan yang penting


Efek Samping mengkonsumsi Buah Apel dan Pencegahannya
Tidak ada efek samping yang serius terkait dengan konsumsi buah apel.
Biji apel mengandung sianida, racun yang kuat. Makan terlalu banyak biji apel berpotensi bisa berakibat fatal. Biji apel sebaiknya tidak dikonsumsi.
Selain itu, karena apel cukup asam, mereka bisa sampai empat kali lebih merusak gigi dibandingkan minuman berkarbonasi.

Berikut ini nutrisi penting yang terkandung dalam Apel
1. Vitamin C - antioksidan alami yang kuat yang mampu mencegah beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, 

2. Vitamin B-kompleks (riboflavin, thiamin, dan vitamin B-6) - vitamin ini adalah kunci dalam menjaga sel-sel darah merah dan sistem saraf untuk kesehatan yang baik.

3. Serat pangan, bahwa diet tinggi serat dapat membantu mencegah perkembangan penyakit tertentu dan dapat membantu mencegah jumlah kolesterol jahat dalam darah.

4. Fitonutrien - apel kaya akan senyawa polifenol, fitonutrien ini membantu melindungi tubuh dari efek merusak dari radical bebas.

5. Mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

Informasi gizi untuk buah Apel :
Energy - 52 kcal
Carbohydrates - 13.81 g
Fat - 0.17 g
Protein - 0.26 g
Water - 85.56 g
Sodium - 1 mg
Beta-carotene - 27 μg
Lutein and zeaxanthin - 29 μg
Thiamin (vitamin B1) - 0.017 mg
Vitamin A equiv - 3 μg
Riboflavin (vitamin B2) - 0.026 mg
Niacin (vitamin B3) - 0.091 mg
Pantothenic acid (vitamin B5) - 0.061 mg
Vitamin B6 - 0.041 mg
Folate (vitamin B9) - 3 μg
Vitamin C - 4.6 mg
Vitamin E - 0.18 mg
Vitamin K - 2.2 μg
Calcium - 6 mg
Iron - 0.12 mg
Magnesium - 5 mg
Manganese - 0.035 mg
Phosphorus - 11 mg
Potassium - 107 mg
Catatan: ukuran rata-rata apel adalah 150 gram

No comments:

Post a Comment

Labels